Meneladani Sebuah Karya

on Sabtu, 20 Januari 2018

Transformers
Sumber: Tribun Jogja
Mungkin ada benang lurusnya antara transformers sebagai huburan layar lebar, kisahnya, teknologinya, bahkan pelajaran yang dapat kita peroleh. Bagaimana tidak kalau kita cermati perjalanan dirilisnya film transformer yang dimulai dari  Transformers (2007), Transformers: Revenge of the Fallen (2009), Transformers: Dark of the Moon (2011), Transformers: Age of Extinction (2014), Transformers: The Last Knight (2017), bahkan rencana penerbitan di tahun mendatang yaitu Untitled Bumbleebee spin-off (2018) dan Untitled Transformers 6 (2019).

Sungguh ada sisi menarik yang dapat kita ambil dari sepenggal kisah transformers.
Pertama; Jika kita cermati kisah transformer serasa mirip dengan kisah yakjud dan makjud yang tertuang di dalam Al Qur’an. Mereka ada disuatu tempat tersebunyi dan akhirnya keluar dan membuat kehebohan di dunia (Lihat Qs. Al-Kahfi: 93-98). Mungkin mereka (sutradara) mempelajari Al Qur’an atau mendapatkan di Kisah tentang kaum ini dalam ajaran agama Yahudi, dan Kitab Kejadian umat Kristen. Apapun itu mengelitik untuk kita cermati


Kedua; Kisah transformers ini sangat menginspirasi sekali tentang penguasaan robot dimasa sekarang, dari kisah transformer 1 hingga 3 masih mengisahkan kehebatan Autobots dan Decepticons yaitu robot masa lalu yang hadir dibumi. Namun pada Transformers yang ke 4 Sutradara Michael Bay mencoba menghadirkan robot Galfatron sebagai robot ciptaan manusia yang akan menguasai bumi.

Ketiga: Jika kita mendalalami Qs. Ar-rahman Ayat 33 bahwa sudah menjadi kewajiban kita untuk menembus langit dan mempelajarinya, sungguh di dalam kisah Transformers sangat mengisahkan akan itu, bahwa untuk menembus langit harus dengan kekuatan (Ilmu Pengetahuan).


Lepas dari siapa pencipta film ini, namun jika kita belajar dari segala hal yang ada di Film Transformers harusnya membuat kita semakin bersemangat untuk menaklukkan dunia ini dengan Ilmu Pengetahuan.

0 komentar:

Posting Komentar