Materi PAI Kelas XI Semester 2

on Senin, 16 Januari 2012

Standar Kompetensi

Memahami ayat-ayat  Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup



Kompetensi Dasar

  1. Membaca Qs. Ar-Rum,30: 41-42, Al-A’raf,7: 56-58, Sad,38: 27    
  2. Menjelaskan Qs. Ar-Rum,30: 41-42, Al-A’raf,7: 56-58, Sad,38: 27    
  3. Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup, seperti terkandung dalam Qs. Ar-Rum,30: 41-42, Al-A’raf,7: 56-58, Sad,38: 27  



Indikator
  1. Mampu membaca Qs. Ar-Rum,30: 41-42, Al-A’raf,7: 56-58, Sad,38: 27 dengan baik dan benar
  2. Mampu mengidentifikasi tajwid Qs. Ar-Rum,30: 41-42, Al-A’raf,7: 56-58, Sad,38: 27dengan benar.
  3. Mampu mengartikan per-kata Qs. Ar-Rum,30: 41-42, Al-A’raf,7: 56-58, Sad,38: 27
  4. Mampu mengartikan per-ayat Qs. Ar-Rum,30: 41-42, Al-A’raf,7: 56-58, Sad,38: 27
  5. Mampu menterjemahkan Qs. Ar-Rum,30: 41-42, Al-A’raf,7: 56-58, Sad,38: 27
  6. Mampu mengidentifikasi perilaku menjaga keslestarian lingkuingan hidup
  7. Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
  8. Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.


Materi Pembelajaran:
KandunganSurat Ar Rum: 41-42
Manusia diberi tugas oleh Allah sebagai khalifah Allah di bumi. Sebagai khalifah di bumi, manusia bertugas mengurus dan mengelola bumi ini agar menjadi makmur dan diambil manfaatnya. Sebagai pengelola bumi, manusia diberi karunia berupa akal, sehingga dapat hidup bermasyarakat dan berkebudayaan dan dapat memanfaatkan segala sesuatu yang ada di alam ini.

Terkadang pemanfaatan terhadap alam tidak diiringi dengan pelestarian terhadapnya. Hutan digunduli dengan seenaknya, buang sampah sembarangan, dan lain-lain. sehingga hal ini menimbulkan suatu bencana yang terkadang mengancam nyawa manusia itu sendiri.

Ketika mengaji pada waktu kecil, Anda sering kali mendengar kisah-kisah tentang nabi dari ustad atau ustadah. Di antara kisah-kisah itu adalah tentang Nabi Nuh as., Nabi Luth as., Nabi Shalih as., dan lain-lain. Manusia yang hidup pada mass itu banyak sekali melakukan kerusakan-kerusakan di bumi. Sampai pada akhirnya Allah memusnahkannya. Misalnya pada kisah Nabi Nuh as., beliau beserta umatnya dapat selamat dengan cars menaiki sebuah perahu besar ketika banjir datang. Kisah ini dapat menjadi cermin dan pelajaran bagi kita.


Seperti telah dijelaskan dalam Alquran surah Ar 'Rum ayat 41-42 bahwa kerusakan itu telah terjadi di darat dan di laut. Hal ini disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri yang tidak mau menjaga kelestarian alam. Dalam ayat ini pula Allah Swt. menyuruh kita untuk melakukan perjalanan di muka bumi dan menengok kembali kisah-kisah umat terdahulu yang binasa karena ingkar kepada Allah.
Kandungan surat Al A'rof 156 - 158
a.    Dalam surah Al A'rof ayat 56-58  ini, Allah Swt. memerintahkan kepada manusia untuk menjac kelestarian alam dan tidak membuat kerusakan. Allah Swt. telah menciptakan alam dan seluruh isin) dengan baik, apakah kita akan merusaknya? Larangan untuk berbuat kerusakan di muka bumi ini WE dijelaskan dengan tegas oleh Allah dalam ayat ini.
b.      Selain itu, berdasarkan kandungan surah Al A'r-fff ayat 56-58 ini, kita harus rajin-rajin berdc kepada Allah dengan rasa takut dan harapan bahwa dog tersebut akan dikabulkan. Karena rahmat Alle sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. Berdoa dapat dilakukan setiap saat, akan teta ada beberapa waktu yang apabila kita berdoa, insya Allah akan dikabulkan. Kemudian kita jugs diajarkE tentang adab dalam berdoa yang harus kita perhatikan dalam berdoa.

c.          Kemudian Allah Swt. telah menjadikan alam ini berjalan dengan teratur. Seperti hujan yang turL sehingga benih dapat tumbuh dengan subur. Hal itu hendaknya menjadi pelajaran bagi kita semui Seperti itulah kiranya kita dibangkitkan kelak di hari kiamat. Sungguh, suatu kebesaran Allah yang waj kita pikirkan dan jadikan pelajaran. Dalam kehidupan sehari-hari, kita harus selalu bersyukur atas ar yang kita terima dari Allah.

Soal Latihan
Kerjakan soal berikut dengan baik dan benar !
1.    Bagaimana  pendapat Anda kalau ada yang mengatakan bahwa kerusakan lingkungan alam dimuka bumi ini karena kehendak Allah?

Jawab: ..........................................................................................................................

                                                                                                                                                                                     

2.    Sebutkan lima contoh perbuatan yang dianggap merusak daratan dan lautan! Kemukakan pula tiga macam akibat-akibat buruknya bagi umat manusia!

Jawab: ..........................................................................................................................
                                                                                                                                                                                     

                                                                                                                                                                                     

3.  Allah SWT menyuruh umat manusia untuk mempelajari sejarah. Apakah yang dimaksud dengan sejarah itu? Kemukakan pula tiga manfaat mempelajari sejarah!

Jawab: .....................................................................................................................................                                                                                                                                                                          

                                                                                                                                                                                     

4.  Apakah yang dimaksud dengan rahmat Allah? Kemukakan tiga contoh rahmat Allah SWT itu dan jelaskan cara-cara untuk memperolehnya!

Jawab: .....................................................................................................................................                                                                                                                                                                                    

                                                                                                                                                                                     

5.  Tuliskan ayat Al-Qur'an Surah Al-Mulk, 67: 2! Kemudian terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia!

Jawab: .....................................................................................................................................                                                                                                                                                                            

                                                                                                                                                                                     


5 komentar:

siti mariam 2mm mengatakan...

1. menurut saya tuhan tidak akan merusak lingkungan apabila manusia benar" meenjganya dengan baik.
2.a. membuang sampah sembarangaan akan mengakibatkan banjir
b. Penebangan Pohon secara Liar dan Pembakaran Hutan dapat menimbulkan kerusakan pada tempat hidup tumbuhan dan habitat hewan
c.Perburuan Hewan secara Terus-Menerus dapat menimbulkan penurunan jumlah ikan di laut. Sebab dengan pukat harimau ikan kecil akan ikut terjaring.
d.Penggunaan Pupuk yang Berlebih
e. Penangkapan ikan di laut dengan bahan peledak dapat merusak terumbu karang dapat mengakibatkan spesies ikan dilaut berkurang
3.Sejarah, dalam bahasa Indonesia dapat berarti riwayat kejadian masa lampau yang benar-benar terjadi atau riwayat asal usul keturunan (terutama untuk raja-raja yang memerintah).
1.Kegunaan edukatif
kegunaan sejarah yang pertama adalah sebagai edukatif atau pelajaran. banyak manusia yang belajar dari sejarah.
2.Kegunaan inspiratif
kegunaan sejarah yang kedua adalah sebagai inspiratif. berbagai kisah sejarah dapat memberikan inspirasi pada pembaca dan pendengarnya.
3.Kegunaan rekreatif
kegunaan sejaraha yang ketiga adalah sebagai kegunaan rekreatif. kegunaan sejarah sebagai kisah dapat memberi suatu hiburan yang segar.
5. الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ
artinya : Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. (QS, 67:2)
4. tiga contoh rahmat allah dan cara mendaoatkannya :
1. Berbuat Ihsan dalam beribadah kepada Allah Ta'ala dengan menyempurnakan ibadah kepadaNya dan merasa dimonitor (diawasi) oleh Allah Ta'ala.
2. Dan di antara sebab-sebab yang paling utama untuk mendapatkan rahmat Allah Ta'ala adalah bertakwa kepadaNya dan menaatiNya dengan melaksanakan perintah-perintahNya dan menjauhi larangan-laranganNya, seperti mengeluarkan zakat kepada orang-orang yang berhak menerimanya (Mustahiq), beriman dengan ayat-ayat Allah swt, dan mengikuti RasulNya.
3. Kasih sayang kepada makhluk-makhlukNya baik manusia maupun binatang. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Orang-orang yang penyayang, maka Allah Ta'ala akan menyayangi mereka (memberikan rahmat kepada mereka), sayangilah/ kasilah penduduk bumi, niscaya penduduk langit akan menyayangi kalian." (HR. Abu Daud dan at-Tirmidzi).
rahmat allah yaitu kasih sayang allah atau balasan allah bagi orang- orang yang selalu mengingatnya dan menjaankan perintahnya.

Mamas Qodir mengatakan...

Ilmu itu sangat banyak, sedangkan umur kita hanya sedikit, maka ambilah sebagian ilmu itu yang bermanfaat bagimu unutk meningkatkan kemampuan agamamu (Salman AL Farisi
Trim's semoga bermanfaat !!

irvan SMA 2 BANJAR mengatakan...

like it ...

Kuro Gatari mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
shifa mengatakan...

(y)

Poskan Komentar